Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah bahasa yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem. UML dapat membuat model untuk semua jenis aplikasi piranti lunak, dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada semua perangkat keras, sistem operasi, jaringan, dan bahasa pemrograman. Tetapi karena UML juga menggunakan class dan operation dalam konsep dasarnya, maka lebih cocok untuk penulisan perangkat lunak dalam bahasa-bahasa berorientasi objek, seperti C++, Java, C#, atau VB.NET. Walaupun begitu, UML tetap dapat digunakan untuk modeling aplikasi prosedural dalam VB atau C. UML mendefinisikan notasi dan sintaks. Notasi UML merupakan sekumpulan bentuk khusus untuk menggambarkan berbagai diagram perangkat lunak. Setiap bentuk memiliki makna tertentu, dan sintaks UML mendefinisikan bagaimana bentuk-bentuk tersebut dapat dikombinasikan. (Sri Dharwiyanti, 2003).
Diagram-Diagram yang Didefinisikan oleh UML
Dalam sub-bab ini akan dijelasakan tentang use case diagram, activity diagram dan sequence diagram.
Use Case Diagram
Use Case Diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem. Yang ditekankan adalah “apa” yang diperbuat sistem, bukan “bagaimana”. Sebuah Use Case merepresentasikan sebuah interaksi antara aktor dengan sistem. Use Case merupakan sebuah pekerjaan tertentu, misalnya log-in ke sistem, membuat sebuah daftar belanja, dan sebagainya. Sebuah aktor adalah sebuah entitas menusia atau mesin yang berinteraksi dengan sistem untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.
Use Case Diagram sangat membantu untuk menyusun kebutuhan sebuah sistem, mengkomunikasikan rancangan dengan klien, dan merancang test case untuk semua fitur yang ada pada sistem. Berikut simbol yang digunakan dalam Use Case Diagram yang dapat dilihat pada tabel 2.1.
Tabel 2.1 Simbol Use Case Diagram
Activity Diagram
Activity Diagram menggambarkan berbagai aliran aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, keputusan yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity Diagram juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi.
Sebuah aktivitas dapat direalisasikan oleh satu Use Case atau lebih. Aktivitas menggambarkan proses yang berjalan, sementara Use Case menggambarkan bagaimana aktor menggunakan sistem untuk melakukan aktivitas.
Sama seperti state, standar UML menggunakan segiempat dengan sudut membulat untuk menggambarkan aktivitas. Keputusan digunakan untuk menggambarkan perilaku pada kondisi tertentu. Untuk menggambarkan proses-proses paralel (fork dan join) digunakan titik sinkronisasi yang dapat berupa titik, garis horizontal atau vertikal. Berikut simbol Activity Diagram yang dapat dilihat pada tabel 2.2.
Tabel 2.2 Simbol Activity Diagram
Sequence Diagram
Sequence Diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitar sistem (termasuk pengguna, display, dan sebagainya) berupa pesan yang digambarkan terhadap waktu. Sequence Diagram terdiri atas dimensi vertikal (waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait). Sequence Diagram biasa digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai respon dari sebuah event untuk menghasilkan output tertentu. Diawali dari apa yang memicu aktivitas tersebut, proses, dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan. Berikut simbol Sequence Diagram yang dapat dilihat pada tabel 2.3.
Class Diagram
Class diagram adalah sebuah class yang menggambarkan struktur sistem dari segi pendefinisian kelas-kelas yang akan dibuat untuk membangun sistem. (Rosa A.S., M. Shalahuddin, 2014).
Untuk tabel simbol class diagram dapat dilihat pada tabel Simbol Class Diagram:
Simbol-simbol untuk membuat class diagram yang ada pada program StarUML di jelaskan pada tabel di bawah ini :
Untuk tabel simbol class diagram dapat dilihat pada tabel Simbol Class Diagram:
Simbol-simbol untuk membuat class diagram yang ada pada program StarUML di jelaskan pada tabel di bawah ini :
Tabel 2.4 Simbol Class Diagram
thank you!
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDelete